Pages

Jumat, 23 Desember 2011

NII Prevent Simulation

Hari ini 21 Desember 2011 Kriminologi UI mengadakan acara yang sangat luar biasa menarik perhatian saya sebagai civitas academica kampus rakyat ini! Ada apa dengan acara kriminologi hari ini?? Departemen yang berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini mengadakan acara PEACE BUILDING 2011 yang diadakan dalam beberapa hari, dan acara ini bertemakan “Indahnya Hidup Tanpa Kekerasan” . sebelumnya akan saya tuturkan mengenai jadwal kegiatan ini :
·         Studium Generale : “Budaya Kekerasan dan Terorisme,Budaya Kita?”
Bersama :
K.H Ahmad Hasyim Muzadi
Rabu,21 Desember 2011
Auditorium AJB FISIP UI
10.00 – 12.00 WIB

·         Bincang-Bincang Bersama Mantan Teroris
Pembicara :
Natsir Abbas (Ex. Ideologi III Jamaah Islamiah)
Abdurrahman Ayyub (Ex. Ideologi NII-JI)
Rabu,21 Desember 2011
Gedung B.101 FMIPA UI
15.00 – 17.00 WIB

·         Peacebuilding Music Stage
Kamis,22 Desember 2011
Area Parkir Psikologi UI
15.00 – selesai

·         Talk Show
“Anti Kekerasan Utopia atau Niscaya?”
Bersama :
Dr.Donny Gahral Adian M.Hum (dosen Filsafat UI)
Prof.Dr.Kommarudin Hidayat (Rektor UIN Syarif Hidayatullah)
Prof.Dr.Hamdi Muluk M.Si (Dosen Psikologi UI)
Kamis,22 Desember 2011
Audit FISIP UI
11.00 – 13.30 WIB
·         Kuliah Tamu
“Pendekatan Deradikalisasi Terhadap Mantan Teroris : Kekuatan dan Kelemahan”
Bersama :
Mj. Agus Surya (Kepala deputi 1 bidang pencegahan,perlindungan dan deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme)
Jumat,23 Desember 2011
Audit Komunikasi FISIP UI
08.00 – 10.00 WIB

Dan saya pun bersama 3 teman sekelas saya (dilla,nida,dian,ririn) berminat hadir pada acara yang ke-2 karena kebetulan kami sangat penasaran menganai topik tersebut dan kebetulan tidak ada jam kuliah,hehehehehhehehe
Saya dan ririn berangkat belakangan karena harus melihat roadshow calon ketua SALAM UI yang sedang promosi di Fakultas kami J sesampainya di FMIPA, kami pun langsung ke tempat seminar, dan ketika kami hendak masuk ke ruangan tesebut,kami di sodrkan 2 lembar flyer oleh mbak-mbak yang memakai kerudung panjang,dan saya pun mengira itu flyer biasa yang sering dibagikan teman-teman yang ingin memberikan informasi positif di kampus melalui media flyer. Tanpa membaca flyer tersebut, kami pun menuju ke meja registrasi lalu menuju kantin untuk membeli air minum. Tak lama kami beli air minum,kami pun langsung ke ruang seminar tersebut,dan ini yang bembuat saya agak aneh pada saat itu!! Kenapa? Karena untuk masuk ke dalam ruangan tersebut,barang bawaan (tas) serta tubuh kami harus di geledah satu per satu! Saya berfikir, okelah masih wajar karena ini acara bertemakan terorisme dan panitia menggeledah peserta agar mengantisipasi adanya “BOM” atau tindak terorisme dan sebagainya. Saya fikir hanya sebatas menggeledah, tapi tidak! Panitia tiba-tiba mengambil flyer yang saya dapat dari mbak-mbak berkerudung panjang yang berada tidak jauh dari meja registrasi tersebut, dan fikiran aneh pun mulai muncul di kepala saya “kenapa flyernya diambil?ada apa?saya belum sempat baca loh mas panitia!!! Dan kenapa kalian tidak menjelaskan kenapa itu di ambil??” lalu saya dan ririn masuk ke dalam ruangan dipenuhi rasa tanya dan bingung. Sempat terfikir untuk keluar,balik lagi ke mbak-mbak yang memberi saya flyer tersebut dan membawa masuk flyer tersebut serta membacanya! Tapi hal itu tidak saya lakukan karena saya “mager” tettoott!! Lagi-lagi rasa “mager” (males gerak) menghambat apapun yang ingin saya lakukan! Hhaaa
Acara pun dimulai dengan dibuka oleh Bang Adrianus Meilala selaku Kepala Departemen Kriminolog UI dan kebetulan beliau sering sekali muncul di televisi. Acara pun dimulai dan saya masih sangat bingung dan bertanya-tanya mengenai flyer yang tadi, dan akhirnya setelah berfikir lama akhirnya saya menemukan jawaban menurut otak saya ini : “pasti flyer itu berisikan hal-hal negatif dan bersifat menyerang acara yang sedang berlangsung serta untuk pengalihan dari acara tersebut,agar orang-orang yang membacanya mengundurkan diri untuk hadir dalam acara tersebut” setelah berfikir seperti itu,sayapun melupakannya dan langsung fokus menyimak ulasan dari para pembicara tersebut J selesai sesi penyampaian materi, giliran dibuka sesi tanya jawab dan engingeng banyak sekali yang ingin bertanya, dan sayapun tertarik dengan penanya pertama yang bukan mahasiswa UI, penanya tersebut bertanya dan agak sedikit frontal dan menyudutkan salah satu pembicara yaitu pak Abdurrahman Ayyub , ketika beliau ingin menuturkan jawabannya tiba-tiba lampu ruangan tersebut mati!! Tanpa berteriak, saya pun langsung pasang mata dan tiba-tiba berfikir “jangan-jangan ini merupakan serangan! Jangan-jangan ini serbuan dari NII!! Jangan-jangan nanti akan ada bom!! Jangan-jangaaaaaaaaannnnnnnnnnnn..........................” lalu lampu pun nyala lagi dan tidak terjadi apa-apa J saya aja yang berfikiran “lebai” hahahahahahaha.
Pertanyaan-pertanyaan pun di jawab satu per satu oleh para pembicara di depan, dan di penghujung acara, ada Simulasi dari para Ex.Ideologi NII dalam mencari korban untuk dimasukkan di NII!! Serem memang,karena dua sahabat saya Nida dan Yudit sempat mengalami hal-hal yang di utarakan saat simulasi tersebut!!
Ini Video amatir rekaman saya saat Simulasi :


Semoga Video tersebut dapat di jadikan bahan pembelajaran dan semoga cerita-cerita saya ini dapat menjadi bahan bacaan untuk pembaca J waspadalah jika kalian tiba-tiba diajak oleh teman lama kalian untuk makan di tempat ramai (foodcourt,dsb) ada dua kemungkinan : kalau anda tidak di ajak menjadi NII, berarti anda diajak menjadi MLM :p
Itu hanya lawakan dari saya J hehehehehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar